Thursday, October 4, 2012

Kelazatan Sementara




Hidup di dunia ini tidaklah selamanya. Akan datang masanya kita berpisah dengan dunia beserta isinya. Perpisahan itu terjadi saat datangnya kematian, tidak ada seorang pun yang dapat menghindar darinya. Karena Allah telah berfirman: 
“Setiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati, dan Kami menguji kalian dengan kejelekan dan kebaikan sebagai satu fitnah (ujian), dan hanya kepada Kami lah kalian akan dikembalikan.” (Al-Anbiya`: 35)

Firman Allah subhanahu wa ta’ala lainnya :

“Di mana saja kalian berada, kematian pasti akan mendapati kalian, walaupun kalian berada di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (An-Nisa`: 78)

Dan jika sa’atnya tiba, kematian akan mendatangi siapapun, dimanapun dan kapanpun, tidak memandang pejabat rakyat, kaya miskin, besar kecil, tua muda, orang yang shaleh ataupun yang salah. Karena semua yang didunia ini tidaklah kekal abadi.

Semua yang ada di bumi itu akan binasa. (Ar-Rahman: 26)

Dengan mengingat mati akan melembutkan hati dan melemahkan kecintaan kita terhadap dunia. Karenanya, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam menasihatkan agar kita banyak mengingatnya. Beliau bersabda dalam hadits yang disampaikan lewat shahabatnya Abu Hurairah radhiAllahu anhu.


"Perbanyaklah mengingat sesuatu yang dapat menghancurkan kenikmatan (kelezatan), yaitu kematian."(HR. Ibnu majah :4258)


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...